Algoritma Pemrograman & Flowchart

Saturday, September 27, 2014

Nama             : Marla Nur Assyifa
NPM               : 56414412
Kelas               : 1IA17
Mata Kuliah   : Algoritma Pemrograman 1A
Dosen             : Kunto Bayu A,ST


A.      Algoritma Pemrograman

1.      Definisi 

      Algoritma dalam bidang pemrograman adalah suatu metode yang terdiri dari serangkaian langkah-langkah yang terstruktur dan dituliskan secara sistematis yang akan dikerjakan untuk menyelesaikan masalah dengan bantuan komputer. Tanpa algoritma yang dirancang baik, maka proses pemrogaraman akan menjadi salah, lambat, dan tidak efisien. 


2.     Kriteria Algoritma 

  • Input: algoritma dapat memiliki nol atau lebih inputan dari luar
  • Output: algoritma harus memiliki minimal satu buah output keluaran
  • Definiteness (pasti): algoritma memiliki instruksi-instruksi yang jelas dan tidak ambigu
  • Finiteness (ada batas): algoritma harus memiliki titik berhenti (stopping role)
  • Effectiveness ( tepat dan efisien): algoritma harus dapat dilaksanakan dan efektif. Contoh instruksi yang tidak efektif adalah 5 = 5 + 0 atau 6 = 6*1


3.      Jenis Proses Algoritma
  • Sequence Process: instruksi dikerjakan secara sekuensial (berurutan)
  • Selection Process: instruksi dikerjakan jika memenuhi kriteria tertentu
  • Iteration Process: instruksi dikerjakan selama memenuhi suatu kondisi tertentu
  • Concurrent Process: beberapa instruksi dikerjakan secara bersama

4.    Notasi Algoritma

  • Penulisan algoritma tidak tergantung dari spesifikasi bahasa pemrograman dan komputer yang mengeksekusinya. 
  • Notasi algoritma bukan notasi bahasa pemrograman tetapi dapat diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa pemrograman
  • Notasi algoritma dapat berupa uraian kalimat deskriptif (narasi

 5.   Pseudocode 

      Pseudocode adalah kode yang menyerupai program atau merupakan penjelasan mengenai cara menyelesaikan suatu masalah. Pseudocode sering digunakan untuk menuliskan algoritma. 
          
      
                 - Algoritma:

  • Masukkan bilangan pertama 
  • Masukkan bilangan kedua 
  • Jika bilangan pertama>bilangan kedua maka kerjakan langkah 4. Jika tidak, kerjakan langkah 5
  • Tampilkan bilangan pertama
  • Tampilkan bilangan kedua

                       - Pseudocode:

  • Input a
  • Input b
  • If a > b then kerjakan langkah 4
  • Print a
  • Print b


                   Perbandingan Algoritma dan Pseudocode :

Algoritma
Pseudocode
Nilai A ditambah dengan 6
A<-- A+6
Cetak nilai A jika lebih besar dari 15
IF A>15 THEN PRINT A
Dari dua bilangan A dan B, cari bilangan yang terbesar
IF A>B THEN PRINT A ELSE PRINT B

             6.     Pemrograman

        Program adalah kumpulan instruksi atau perintah yang disusun sedemikian rupa sehingga mempunyai urutan nalar yang tepat untuk menyelesaikan suatu persoalan. Kumpulan instruksi-instruksi biasanya disebut source code yang dibuat oleh programmer, 


  • Bahasa Pemrograman, alat untuk membuat program. Contoh: C, C++, C#, Pascal,  Basic, Perl, PHP, ASP, JHP, Java, dll.


                   • Langkah Pembuatan Program 
 
             - Mendefinisikan masalah
                         - Menemukan solusi
                         - Memilih algoritma
                         - Menulis program
                         - Menguji program
                         - Merawat program


Berikut adalah video mengenai algoritma :




B.      Flowchart

1.   Definisi

      Flowchart merupakan cara penyajian dari suatu algoritma dalam bentuk bagan-bagan yang mempunyai arus menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah. Flowchart berguna untuk mendesain dan merepresentasikan suatu program. Secara garis besar, unsur-unsur pemrograman adalah Input--> Proses --> Output.


            2.  Lambang dalam Flowchart






Contoh flowchart : 
-           Langkah-langkah dari rumah menuju kampus E Universitas Gunadarma

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images